Daftar Tempat Pelayanan Praeses HKBP periode 2008-2012

18 September 2008 at 10.31 am 24 comments


Distrik        Wilayah                    Nama Praeses

I.               Tapanuli Selatan       Pdt. Marolop Sinaga, MTh

II.              Silindung                  Pdt. Manogari Silitonga, MTh

III.             Humbang                  Pdt. Bonar Nababan, DPS

IV.             Toba                      Pdt. Parulian Sibarani, MTh

V.              Sumatera Timur        Pdt. Piter Hutapea, MTh

VI.            Dairi                        Pdt. Elieser Siregar, STh

VII.           Samosir                    Pdt. Rafles Lumbanraja, STh

VIII.          Jawa Kalimantan      Pdt. Mori Sihombing, MTh

IX.           Sibolga                      Pdt. Rich Janson Simamora, S.Th

X.            Medan-Aceh              Pdt. S.M.P. Marpaung, STh

XI.           Toba Hasundutan     Pdt. Armada Sitorus, MTh

XII.          Tanah Alas               Pdt. Tionggar Nababan, STh

XIII.        Asalahan Labuhan Batu    Pdt. Victor Sihotang, S.Th

XIV.        Tebing Tinggi        Pdt.Bihelman Sidabutar, S.Th

XV.        Sumatera Bag. Selatan     Pdt.Rahman Tua Munthe, M.Th.

XVI.        Humbang Habinsaran    Pdt. Debora Furada Sinaga, M.Th

XVII.        Indonesia Bag. Timur    Pdt. Pasu Nainggolan, Sm.Th

XVIII.        Jabartengdiy        Pdt.Togar M Hasugian, S.Th

XIX.        Jakarta 2        Pdt. Esron M.Tampubolon, M.Th

XX.        Kepulauan Riau        Pdt. Marudur Tampubolon, STh

XXI.        Jakarta 3        Pdt. Dr. Lukman Panjaitan

XXII.        Riau            Pdt. Diapari Simangunsong, S.Th

XXIII.        Langkat            Pdt. Saur Simanjuntak, S.Th

XXIV.        Tanah Jawa        Pdt. Tendens Simanjuntak, S.Th

XXV.        Jambi            Pdt. David F Sibuea, M.Th

XXVI.        Labuhan Batu        Pdt. Efendi Purba, S.Th

ditetapkan 16 September 2008

Ephorus

Pdt Dr. Bonar Napitupulu

Sumber : http://www.hkbp.or.id

Update : Pdt. Debora Sinaga,MTh(Praeses Humbang Habinsaran) merupakan Praeses wanita pertama. Selamat!!

Entry filed under: My Religion, news. Tags: , , .

Ucapan Bahagia Para Setan Free E-book

24 Comments Add your own

  • 1. carlos napitupulu SH carlitos nababan SH  |  5 November 2008 at 12.00 pm

    salom
    1. tolong para praeses melayani dengan segenap hati jangan ada paksaan atau tekanan
    2. jangan mengganggap mutasi prases 2008-2012 merupakan “balas dendam” penguasa
    3. saya kaget mendengar bahwa mantan praeses distrik 19 jakarta 2 pindah ke Toba hasudutan tetapi distrik 19 jakarta 2 harus memberikan pungli-pungli terhadap gereja-gereja lokal dalam asuhan distrik tersebut ex: 1 gereja 5 juta kalau 60 gereja dalam distrik 19 jakarta 2 itu maka 300 juta gila benar
    4. jangan mikir2 tentang uang, uang, uang
    5. jangan membuat kasus seperti kasus perempuan, tanah, gedung, sandiwara untuk mutasi2 pendeta
    6. jiwa melayani dengan sungguh2, tulus, murni
    7. sebagai jiwa penengah membawa damai

  • 2. lapo_tuak  |  6 November 2008 at 6.23 am

    horas lae…
    klo saya liat HKBP bgini terus, ga akan maju2.
    saya setuju yg dibilang lae Carlos Napitupulu, jgn yg dipikirkan uang terus, dimana letak pelayanan mereka..!!!!

    KLo di medan juga ada kasus macam gni, apalagi kasus perempuan, sampek skrg ga jelas kelanjutan kabar praeses medan-aceh itu,…

    malu awak jadi warga HKBP!!

  • 3. eras  |  6 November 2008 at 8.33 am

    wah…
    pada ga kenal smua tuh aq sama phrasesnya..
    tp skrang di tubuh HKBP udah jelas ada unsur politik dan uangnya..
    mereka udah ga pakai hati nurani.

    ntah kemana mw di bawa HKBP kalo keadaanya kyk gt trz…

    smoga lah phrases yang skrang ini membawa perubahan d tubuh HKBP.

    Tuhan memberkati

  • 4. new_age  |  6 November 2008 at 8.47 am

    Syalom..
    Usulan yg baik,alangkah lebih enaknya mereka(para pemimpin gereja HKBP dan Praeses) melihat curahan hati para jemaatnya dan memberikan hati benar-benar hanya untuk pelayanan😀

    GoD Bless

  • 5. J sitompul, SH  |  15 November 2008 at 1.38 pm

    Saya J. Sitompul mau membeberkan kebusakan para pemimpin (ephorusna) dengan jajarannya (kantor pusat)
    kalau seandainya ada seorang calon pendeta dibawa oleh saudaranya, diantar dengan rekomendasi dari gereja lokal ke ephorus maka si calon pendeta tersebut harus memberi umpeti kepada ephorus sebesar 5 juta sampai 10 juta. dan kalau ada calon pendeta yang mau menjadi pendeta ressort harus memberi umpeti sebesar 5-6juta. dan kalau ditempatkan ke daerah2 basah seperti HKBP Rawamangun,HKBP jalan jambu,HKBP duren sawit, HKBP sudirman, HKBP Kebayoran Baru, HKBP Kebayoran Lama, HKBP Tebet, maka harus memberi umpeti sebesar 7-8juta. ada upaya2 para pendeta untuk tidak dimutasikan kedesa-desa dengan cara mencari muka dengan ephorus, sekjen, praeses. atau dengan cara lancar memberi iuran bulanan secara rutin (Persembahan kantong II). Mungkin banyak sarat KKN (kental dengan marga). Ephorus kali ini lebih condong ke Pejabat2 negara seperti Bupati, Gubernur hingga Presiden. ada anggapan kemenangan Ephorus dalam sinode godang kali ini mendapat dukungan dari para bupati, dan gubernur. dan banyak jajaran kantor pusat enggan berkunjung ke desa2 terpencil karena tidak mendapat uang “sampingan”. lebih baik ephorus datang untuk meresmikan gereja, acara2 mewah, seminar2 dibandingkan dengan masalah2 HKBP seperti HKBP sidikalang, pondok bambu, HKBP getsemani dll. yang penting uang iuran bulanan dari gereja2 lokal (kantong persembahan II). ephorus lebih condong bergaul dengan orang2 kaya dan berpengaruh di negara ini dibandingkan dengan orang miskin, orang desa, orang yang tidak berpengaruh.
    Menurut (bekas mahasiswa STT HKBP M Siregar (sudah Keluar) bahwa STT HKBP juga banyak permasalahan seperti pungli2 kepada dosen, dan kakak2 senior. menurutnya apabila ada pendaftaran mahasiswa baru dan mau lolos dari ujian saringan masuk si mahasiswa harus memberikan umpeti sebesar 4-5 juta karena ada team2 yang bertugas pada pos masing2 karena yang diterima hanya 80 orang dari 600 orang pendaftar
    dan banyak juga tantangan dan halangan ketika mahasiswa tersebut sudah resmi menjadi mahasiswa, mereka harus “bekerja keras” membayar pungli dan uang keamanan kepada senior2. dan kalan mahasiswa mendapatkan nilai jelek pada suatu matakuliah, mereka harus patungan sebesar 300-500 ribu
    dan ketika mahasiswa sedang menjalankan skripsi mereka harus cari muka dan memberi umpeti dan buah tangan sebesar 500-900 ribu. banyak kasus hamil dibarak2 dan kasus kematian yang ditutup-tutupi oleh pihak rektorat

  • 6. polan  |  4 December 2008 at 3.07 pm

    Ah si Bonar, yang ada di otaknya yang kecil itu kan cuman uang, maklum ajalah kita lae. Mending kita bangun HKBP dimana kita berada, gak perlu dipusingin si Bonar itu, kalo gak berubah juga dia, Tuhan lah yang berurusan ama dia.

  • 7. Anon  |  14 January 2009 at 4.20 am

    Saya sangat prihatin membaca komentar-komentar ini. Seburuk itukah HKBP dan para pendeta di HKBP. Untuk J. Sitompul dan si polan. Murnikah hati merreka membeberkan itu semua? Atau ada rasa sakit hati ke HKBP atau permintaan yang tidak dikabulkan di HKBP. Ingatlah, fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Tolong dibereskan kalau ada sakit hati, dendam ke HKBp. itu akan menghalangi kasih karunia Tuhan. buat pembaca komentar si J. Sitompul, jgnlah gampang percaya. Janganlah karena nilai setitik rusak susu sebelanga. Masih banyak yang lebih baik, bagus di HKBP dan jajarannya.

  • 8. lapo_tuak  |  15 January 2009 at 1.22 pm

    skedar nambahin aja ya, mungkin mereka tidak benci dengan HKBP tpi dengan orang2 yg ada di dalamnya karena kelakuan mereka memang tidak mencerminkan gereja itu sendiri…

    mungkin ini hanya pendapat pribadi aja😀

    betul yg di bilang Anon, jjgn gara2 beberapa org ini jadi rusak smuanya..

    GBU

  • 9. new_age  |  18 January 2009 at 2.07 pm

    mungkin sedikit memberi pendapat,
    yang namanya manusia masih hidup dalam kedagingan dan mungkin beberapa pelayan Tuhan tersebut masih ada yg hidup memikirkan kehidupan daging dan tidak melihat pelayanan itu…
    smoga mereka,bila memang mereka melakukannya, bertobat dan kembali ke hakikat dari pelayanan itu sendiri…😀

    terimakasih atas kunjungan teman2 dan meninggalkan komentar di blog ini…

    GOD BLESS

  • 10. dinand  |  23 January 2009 at 5.24 am

    buat J. Sitompul..

    ga usah kita beberkan kebusukan orang (kalaupun ada), tiap orang punya kebusukan tersendiri, apa bapak sudah murni tidak memiliki satu keburukan pun? Sejujurnya..

  • 11. Love HKBP  |  14 July 2009 at 3.23 am

    Bagi saudara2 yg terkasih dlm Tuhan,apalah artinya kita membeberkan keburukan kita sendiri???saya slaku naposo yg sangat Cinta HKBP dan byk mengenal Pendeta HKBP djkarta sbg abg angkat saya,saya sdkt tau ttg appn yg terjadi di Tubuh HKBP,tp yang hrusnya kt lakukan adlh mendoakan para pemimpin HKBP agar Tuhan mmberi hikmat kpd para Pelayan2 di HKBP agar bertugas sesuai amanat yg mereka terima saat di manjalo tohonan…mari sm2 kita bangun HKBP ini..bukan slg menjatuhkan,,kalaupun ada para pelayan yg bertindak salah dlm mnjalankan tugasnya.biarlah nanti dia yg mempertanggung jawabkannya kpd Tuhan…HIDUP HKBP!!!!!!

  • 12. Ks  |  22 December 2009 at 8.27 pm

    Salam damai, buat j sitompul. Anda mendengarkan informasi dr orng yg terbego di stt hkbp, makanya di do, selama saya berada di stt hkbp saya tdk pernah melihat pungutan” tersebut, dan saya tdk pernah memberi uang utk pindah kekota, bahkan saya skrng lebih senang di di desa. N waktu waktu pertama kali menjadi Pdt Ressort saya tdk memberi uang. Jadi jangan hanya mendengar dr sebelah pihak. Tapi walapun demikian ada juga pdt yg bermasalah dng perempuan. Tapi apakah dng menghujat di dunia maya anda udah termasuk yg orng yg hebat. Jikalau memang anda berjiwa jantan lakukan di luar bw mereka ke pngadilan. Kami juga akan mendukung kok apalagi saya. Saya tdk suka koprs Pdt di jelek” hanya di dunia maya. di nyata dong dan pakai otak utk menyelaikannya bukan seperti yg anda lakukan. Salam.

  • 13. Eday.  |  30 December 2009 at 2.09 pm

    kita semua marilah sama-sama mendoakan hkbp.biar jalan sesuai dengan aturannya .kalaupun ada yg berbuat sesuai kehendaknya biarlah tuhan yang menghukumnya.yang terpenting kita umatnya berbuat nyang terbaik untuk modal kita utk hari terakhir.

  • 14. SP.Sihotang  |  25 February 2010 at 3.43 pm

    Alangkah menyedihkan ketika kita sendiri tidak mengetahui apa yang kita ceritakan,tapi percayalah saudaraku kalau bukan Halak hita,yang membangun HKBP,siapa lagi,ngak mungkin halak naion on,odo kan Amang?.Horas.

  • 15. SP.Sihotang  |  28 February 2010 at 3.51 pm

    Horas,Syalom ,memang luar biasa berkat dari Bapa yang di terima Halak hita,bayangkan kita dari kampung alias bona ni pasogit bukan bawa apa apa,tapi ketika kita menyerahkan hidup kita dan sambil mengakui Kesalahan kita di depan-Nya,sebagai mana Epistel Minggu Reminiscere kali ini,kita diberikan hasil ladang yang berlimpah artinya bukan materi yang berlimpah tapi dalam segala hal,contoh,koita sehat jasmani coba lihat Jolma naung miring ,kita///????maka berucap syukur lah senanti asa tanpa kita saling mencelek celekkan toh so ise hita do hita ido khan Amang,Inang,dht hamu haha anggi penaribot,Immanuel….horas.

  • 16. wahyu pratama tamba  |  17 October 2010 at 7.22 pm

    SARAN AJA BUAT SELURUH PENDETA HKBP..SEMANGATLAH AMANG-INANG UTK MELAYANI,,,,
    DAN TERKHUSUS UTK GEREJA HKBP, TINGKATKAN LAH ANGGARAN DANA SOSIAL UTK MEMBANTU ORANG2 YG MEMBUTUHKAN (TDK SAJA SEIMAN)..LAKUKANLAH DG KEPEDULIAN KEPADA TETANGGA2 GEREJA…AGAR GEREJA JD BERKAT BAGI TIAP ORANG DISEKITARNYA,,,KHUSUSNYA HKBP..
    KALAU UTK PDT.HKBP YG KHUSUSNYA DI KOTA BESAR…DOAKANLAH GEREJA2 DAN PENDETA2 KITA DI DAERAH TERPENCIL, DAERAH MINORITAS, DAERAH MINUS….CONTOHNYA DI PADANG-SUMBAR…MEREKA ITU BUTUH DUKUNGAN DARI AMAN-INANG YG SDH NYAMAN DI KOTA2 BESAR
    salam dri saya NAPOSO HKBP…HORAS

  • 17. ITHM  |  3 December 2010 at 12.19 pm

    di HKBP masih ada kok pendeta yg baik daan ga dipungkiri banyak yg masih money oriented

  • 18. windpei  |  5 December 2010 at 5.52 am

    Syaloom saudaraku,
    Banyak naposo hkbp yang akhirnya ergi meninggalkan gerejanya karena banyaknya prosedur aneh, gereja terlalu monoton, dsb.banyak yang mempersalahkan pendeta dalam hal ini, tapi yang saya lihat, ini bukan salah mereka, namun salah para jemaat itu juga.. Daripada kita sibuk membenahi pendeta kita saja, pernahkah kita tanya, apa yang telah saya berikan untuk perkembangan gereja ini? Saya yakin, pendeta di gereja anda telah melakukan tugasnya sebagai pendeta, tapi apakah kita telah melakukan tugas kita sebagai jemaat, yang benar menurut ajaran Kristus?

  • 19. windpei  |  5 December 2010 at 5.59 am

    Syaloom saudaraku,
    Banyak naposo hkbp yang akhirnya ergi meninggalkan gerejanya karena banyaknya prosedur aneh, gereja terlalu monoton, dsb.banyak yang mempersalahkan pendeta dalam hal ini, tapi yang saya lihat, ini bukan salah mereka, namun salah para jemaat itu juga.. Daripada kita sibuk membenahi pendeta saja, pernahkah kita tanya, apa yang telah saya berikan untuk perkembangan gereja ini? Saya yakin, pendeta di gereja anda telah melakukan tugasnya sebagai pendeta, tapi apakah kita telah melakukan tugas kita sebagai jemaat, yang benar menurut ajaran Kristus?

  • 20. Love For All Bless  |  27 February 2011 at 2.06 pm

    saya heran dengan Gembala HKBP sekarang
    salah satu contoh Pendeta D.Marpaung yang bertugas di HKBP Pancurbatu
    semua Jemaat dihasut agar dia dapat memasukkan barang untuk pembangunan gereja
    apalagi di pikirannya kalau bukan duit dan duit
    harap ketegasan dari pusat agar melihat bawahannya
    atau Pusat juga sudah lazim dengan hal2 yang seperti ini
    ini pertanyaan besar bagi kita semua…..!!!!!

  • 21. runggu mutiha sitmpul  |  13 June 2011 at 12.30 pm

    SHALOM :
    mudah” preses hkbp skrang ini sadar bahwa jemaat nya sdah mulai tdak menyukai jabatan preses skarang

    jangan sampe jemaat hkbp jadi berpaling kegereja lain atau bahkan ke agama lain.

  • 22. par karanganyer ujung  |  9 October 2011 at 3.10 am

    ehm… hkbp sudah seperti ini ya…
    1. mencari2 keburukan orang lain adalah salah, tp jauh lebih salah membiarkan keburukan itu berlarut2.
    2. semakin tinggi pohonnya, semakin kencang angin yg menerpa. jd wajar klu orang yg berpengaruh menjadi sorotan dan panutan. apalagi untuk sekelas pendeta, pareses, apalagi ephorus. klu tidak mau di sorot krn ketidak becus’an maka buatla prestasi yg benar dan baik bagi jematnya.
    3. klu pendeta emang butuh duit lebih, buat tabungan abadi lah, trus dari bunga/keuntungan di bagi2kan ke seluruh pendeta dengan adil menurut area pelayanannya. Semakin ke plosok semakin besar nilainya, biar pendeta2 berlomba2 ke pelosok..
    GBu

  • 23. Viktor Simarmata  |  26 October 2011 at 3.36 am

    Buat Lae/Amang J Sitompul/M. Siregar…saya ragu siapa yg menulis. Biasanya orang yang berbuat baik dan benar tidak pernah menceritakannya kpd orang lain…sebaliknya orang yang berbuat salah akan mencari/membuat dalil pembenaran. Sai diparrohai Debata ma angka pemimpin ni HKBP, asa sahat diula tohonan na i. Amen.

  • 24. erick nainggolan  |  3 January 2012 at 2.38 am

    buat saudara j sitompul sh ya,ng saya hormati, saya selaku almater STT HKBP P siantar tidak pernah merasakan dan mengalami pungli tsb dan memang tidak ada…narasumber anda perlu diteliti, karena sudah termasuk mencoreng nama baik STT HKBP
    buat saudara love for all bless:berarti anda dan seluruh jemaat di hkbp pancur batu termasuk orang pelit dan keras kepala….tidak mungkin pembangunan gereja tsb diberikan kpd pemerintah setempat…atau apakah anda tidak malu jika warga hkbp di tengah2 jalan mengemis uang/sumbangan demi pembangunan gereja????warga hkbp adalah umat yang di berkati oleh kristus di dalam seluruh aspek khidupannya
    salam kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Yang Baca

  • 8,663 pengunjung

Banner




Yahoo Messenger

Feeds


%d bloggers like this: